YES (Youth Evacuation Simulation ) for Safer School/Madrasah

YES (Youth Evacuation Simulation ) for Safer School/Madrasah

Bp. Ginanjar (Kadis Damkar Kota Bandung), Aldissain (Kadiv Litbang Kerlip), Mario S. (Konsultan Pendidikan), Bp. Nandang (MAN 1 Kota Bandung)

Peningkatan partisipasi anak perempuan dan laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus dalam penerapan Gerakan Aman SHIAGA melalui YES (Youth Simulation Evacuation) for Safer School/Madrasah.

Dalam upaya penguatan prinsip-prinsip Sekolah Ramah Anak (SRA) mulai dengan penerapan Sekolah/Madrasah Aman Bencana, kami mendorong berbagai pihak untuk turun tangan menggiatkan Gerakan Aman, Sehat, Hijau, Inklusi dan Ramah Anak dengan dukungan kelarga (GERA SHIAGA). Kegiatan ini diinisiasi oleh sobat-sobat muda perintis Green Smile Inc. KerliP bekerjasama dengan sekretariat nasional sekolah aman, pemerintah/pemerintah daerah/lembaga/instansi (K/L/D/I) terkait dan mitra pembangunan internasional dan direncanakan, dilaksanakan, didokumentasikan anak-anak di sekolah/madrasah pada tanggal 9-28 Oktober 2013.

Peluncuran YES (Youth Evacuation Simulation) for Safer School/Madrassa dilaksanakan di MAN 1 Kota Bandung dan SMAN 1 Kota Bandung serta MAN Insan Cendekia pada hari Pengurangan Risiko Bencana sedunia pada hari Rabu tanggal 9 Oktober 2013. Pendampingan terhadap OSIS, ekstrakulikuler, dan komunitas anak di sekolah/madrasah tersebut dilaksanakan oleh Green Smile Inc.-KerLiP.

Adapun rekomendasi yang diharapkan, yaitu :

  1. Memastikan adanya jaminan tata kelola pemerintahan yang baik dari semua pihak dalam penerapan sekolah/madrasah aman dari bencana terintegrasi dengan sekolah/madrasah sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, inklusi dan ramah anak
  2. Memastikan adanya jaminan penerapan keempat prinsip hak anak dalam penerapan GERA SHIAGA di sekolah/madrasah dan lingkungan sekitar
  3. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Menteri Negara PP dan PA membuat Surat Edaran Bersama agar seluruh sekolah/madrasah melaksanakan YES for Safer School/Madrasah dlm rangka hari PRB sedunia setiap Rabu minggu kedua Oktober. Tahun ini antara 9 sampai 28 Oktober 2013 di sekolah/madrasah masing-masing.
  4. Pemerintah dan pemerintah daerah menyediakan alokasi anggaran yang memadai untuk penerapan sekolah/madrasah aman dari bencana, sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, inklusi dan ramah anak tmsk bagi anak-anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus
  5. Pemerintah kota/kabupaten menginstruksikan simulasi evakuasi rutin kedalam kegiatan rutin di sekolah/madrasah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s